Prabowo dan Jokowi Sama-sama Korban

Share
JAKARTA, KOMPAS.com — Tudingan bahwa bakal calon presiden Prabowo Subianto dalam orasinya kerap melontarkan kalimat yang dinilai sebagai sindiran untuk Joko Widodo disanggah oleh pengamat komunikasi politik. Mereka justru disebut sama-sama jadi korban kampanye hitam.

"Sejauh ini saya lihat Prabowo belum secara langsung menyerang Jokowi. Saya belum pernah lihat Prabowo dan Jokowi saling serang. Saya mengamati betul pernyataan mereka di media," ujar pengamat komunikasi politik Emrus Sihombing, saat dihubungi Kompas.com, Kamis (29/5/2014).



Emrus menyayangkan, banyak kalangan yang salah berasumsi mengenai pernyataan Prabowo dalam setiap orasinya. Wacana saling serang tersebut, kata Emrus, diperparah oleh kampanye hitam yang bertubi-tubi menyerang kedua calon sehingga calon lain dituduhkan sebagai pemantik kampanye hitam yang berkembang di masyarakat.

Menurut Emrus, Prabowo dan Jokowi justru merupakan korban dari kampanye hitam yang marak beredar di media sosial. Semua serangan itu, kata Emrus, tidak jelas sumbernya. "Dua tokoh ini jadi korban black campaign. Siapa sumbernya, kita tidak tahu. Social media ini over critical," kata Emrus

Entri Populer