Ratusan Warga Bekasi Hadiri Shalat Subuh Berjamaah

Ratusan warga Kota Bekasi, Jawa Barat mengikuti gerakan subuh berjamaah di Islamic Center KH Noer Ali, Jalan Ahmad Yani, Kota Bekasi, Jawa Barat, Senin (12/12). Usai shalat subuh, jamaah berzikir dengan membaca satu juz Alquran. 
Acara diawali dengan qiyamul lail pada pukul 03.00 WIB, dilanjutkan shalat subuh berjamaah dan dzikir satu juz Alquran. Gerakan subuh berjamaah ditutup dengan kajian keislaman untuk menjabarkan pada umat tentang persoalan-persoalan kontempoter.

Tak seperti shalat subuh umumnya, kali ini jamaah meluber sampai ke selasar. Wakil Ketua Yayasan Islamic Center Bekasi, sekaligus penceramah Gerakan Subuh Berjamaah, KH Moh Abid Marzuki, mengatakan estimasi peserta gerakan subuh berjamaah di Islamic Center diperkirakan mencapai 200-300 orang.
"Masjid itu tempat yang sangat strategis untuk membangun komunikasi dengan Allah dan komunikasi dengan manusia, maka mari kita perkokoh silaturahmi sesama Muslim melalui masjid," kata KH Moh Abid Marzuki, kepada Republika, Senin (12/12).
KH Abid Marzuki menuturkan, subuh berjamaah ini rencananya akan dilakukan secara rutin setiap bulan di Islamic Center Kota Bekasi. Pihaknya akan mengumumkan rencana tersebut kepada masyarakat lewat media DKM. Zikir satu juz Alquran yang sudah dibuka dengan juz 30 juga akan dirutinkan setiap bulan.
Menurut Abid, zikir satu juz per bulan ini bertujuan untuk membantu jamaah yang tidak sempat atau belum lancar membaca Alquran supaya dekat dengan Alquran. Ke depan, zikir akan dilanjutkan mulai dari juz pertama. "Kami berharap ini menjadi satu kebiasaan baik yang akan terus kita kembangkan di Islamic Center Bekasi," ucap Abid.
Selain Islamic Center Kota Bekasi, gerakan subuh berjamaah juga digelar di Masjid Al Azhar Jakapermai, Jakasampurna, Kota Bekasi. Gerakan subuh berjamaah di Al Azhar didukung oleh berbagai komunitas dan dihadiri ulama asal Bekasi, seperti Ustaz Bernard Abdul Jabbar, Ustaz Abdul Qadir Aka, Ustaz Salimin Dani, Ustaz Jeje Jainudin, dan sebagainya.
Acara dimulai dengan runtutan iktikaf dan shalat tahajud berjamaah. Rusman, pengojek berbasis aplikasi yang melintas di Masjid Al Azhar, menceritakan orang-orang tampak berdatangan di Masjid Al Azhar sejak pukul 03.00 WIB dini hari. "Al Azhar ramai banget, melebihi shalat Jumat. Mobil jejer-jejer," ujar Rusman.

0 komentar:

Entri Populer