Shalat subuh di Yogyakarta "Kisah Penaklukkan Khurasan dan Shalat Subuh Anas bin Malik "



“Kita baru bisa shalat setelah imam ada di hadapan kita,” katanya saat memberi tausiah pada Aksi 1212, Senin (12/12).
Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (Miumi) DIY, Ridwan Hamidi menuturkan, umat bisa belajar kepemimpinan pada gerakan shalat Subuh berjamaah. Sebab, pada shalat jamaah makmum harus mengikuti komando imam.

Selain itu, Ridwan mengatakan, gerakan 1212 juga melatih ketaatan dan kedisiplinan umat. Terutama ketaatan pada azan. Di mana saat azan berkumandang seorang Muslim harus segera bersiap-siap untuk shalat. Di samping itu subuh merupakan waktu utama.
Di mana banyak kemenangan umat Islam diperoleh pada waktu subuh seperti halnya penaklukkan Konstansinopel berabad-abad lalu. Selain itu, Rasulullah juga menjanjikan banyak kebaikan bagi umatnya yang melaksanakan shalat Subuh berjamaah. Maka itu, dalam mengusung kebaikan Islam, perlu diawali dengan gerakan Subuh berjamaah.

Kepada jamaah, Ridwan pun menceritakan kisah bin Malik pada penaklukkan Kota Khurasan. Di mana sahabat Rasulullah SAW tersebut menangis saat pasukannya berhasil menaklukkan kota di subuh hari. Namun ia menangis bukan karena terharu.
Melainkan karena menunaikan shalat Subuh berjamaah saat menjelang matahari terbit. “Anas menangis saat tidak bisa shalat Subuh di awal waktu. Padahal itu untuk kepentingan jihad. Kita seharusnya juga menyesal kalau tidak menunaikan shalat Subuh,” kata Ridwan.

0 komentar:

Entri Populer