tips untuk menjadi sahabat si kecil

Beberapa tips untuk menjadi sahabat si kecil
1. Mulailah anda yang bercerita dahulu. Berpikirlah terbalik. Bila papa dan mama anda memulai bercerita tentang aktivitas hari ini, tentu mudah bagi anda untuk menanggapi dan memulai cerita anda sendiri pada mereka kan?
Berceritalah tentang masa kecil anda pada anak-anak anda. Tentu cerita yang ringan,lucu dan pendek dengan bahasa yang anak anda mengerti. Pada akhir cerita, mintalah anak anda yang bercerita…berilah respon seperti tertawa. “Oya? masa sih?”
2. Bermainlah sekolah-sekolahan. Untuk mengingatkan kembali kegiatan atau peristiwa yang terjadi di sekolah, bermainlah sekolah-sekolahan dengan anak anda. Jadilah murid dan biar dia menjadi gurunya. Sambil bermain, tanyakan tentang aktivitasnya tadi pagi… dan berikan respon yang positif dari setiap perkataannya.
Bila anak anda mengatakan, “Lupa pa”, jangan memarahi atau meledek. Mungkin memang lupa, mungkin ada peristiwa yang tidak ingin diingat atau mungkin si kecil bingung dari mana dia harus memulai bercerita. Tanyakan sekali lagi pada saat itu atau pada saat bermain lagi.
3. Mulailah dari sekarang untuk menjadi sahabat bagi anak anda. Biarkan kebiasaan curhat atau bercerita itu tumbuh di keluarga anda, karna dengan demikian akan mudah bagi anda sebagai papa dan mama untuk memberikan masukan, menasihati dan menghibur buah hati anda disaat ia membutuhkan.
4. Beri selalu peredam masalah. Bila ada hal negatif yang terjadi, seperti teman yang nakal pada anak anda, terjatuh dari mainan, kuenya di rebut teman bermain, ingatkan selalu kalau ia memiliki Tuhan, papa dan mama yang sayang dan peduli pada dia. Ini penting anda lakukan berulang-ulang, agar anak anda kelak menjadi orang yang kuat, orang yang memiki peredam dikala kesulitan datang.
Pengalaman dari mama, di saat senggang terkadang si kecil sendiri yang meminta untuk memulai bercerita… “Ma, cerita-cerita seperti dulu lagi yuk”…”Cerita yang lucu-lucu itu”.
Itu hal yang sangat berharga, hal yang spesial bagi papa dan mama yang tentu harus kita mulai dari sekarang juga.
Sumber :  http://papadanmama.com

0 komentar:

Entri Populer