Jokowi Menuju Istana : ziarah ke makam 7 Sultan Banten

Share
Jakarta - Usai berinteraksi dengan warga di Pasar Banten, capres PDIP Jokowi berkunjung ke Masjid Agung Kesultanan Banten. Usai salat Jumat, Jokowi menyempatkan diri berziarah ke makam 7 Sultan Banten.

Usai melaksanakan salat Jumat di Masjid Kesultanan Banten, Jumat (28/3/2014) pukul 13.00 WIB, Jokowi bersama Wakil Gubernur Banten Rano Karno dan tokoh masyarakat kesultanan Banten KH Tubagus Ismetullah Al Abbas, langsung masuk ke areal makam.

Hanya sekitar  10 menit Jokowi di dalam makam. Dia pun membantah kalau kunjungannya untuk meminta doa restu terkait pencapresan dirinya.


"Saya tadi hanya mendoakan makam para leluhur. Mendoakan loh ya, bukan berdoa," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan, ada tujuh makam yang dikunjungi. Menurutnya, berziarah ke makam para sultan ini diperlukan dalam rangka mengingat para pejuang yang merupakan bagian dari sejarah.

"Kita ini ingin mengenal secara dalam mengenai Banten. Tadi ke pasar, pusat pertokoan, juga Kesultanan Banten, termasuk warisan pusaka yang harus dilindungi. Tadi salat Jumat di Masjid Kesultanan. Di masjid itu juga ada makam 7 sesepuh Banten. Seperti Sultan Maulana, Sultan Haji, Sultan Hasanuddin dan lainnya. Kita mendoakan agar beliau-beliau ini yang memperjuangkan Banten dan islam di sini mendapatkan tempat terbaik," papar Jokowi.

Jokowi tak takut disebut melakukan kegiatan klenik. Sebab ziarah dan mendoakan para leluluhur dianggapnya adalah hal yang wajar.

"Ndak lah. Ini kan ziarah, dan mendoakan. Kalau mendoakan untuk diri sendiri di rumah, di masjid juga bisa," katanya. sumber

Entri Populer