Hormat Militer Prabowo untuk Megawati

Share
detikcom Jakarta - Momen pengundian nomor urut capres di KPU pada Minggu (1/6/2014) kemarin seolah menjadi momen rekonsiliasi bagi capres Gerindra Prabowo Subianto. Prabowo yang tampil gagah mengenakan kemeja putih khasnya tak sungkan menyalami saingannya Jokowi, bahkan memberikan hormat militer untuk Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.


Hal ini menjadi obrolan hangat di jagat maya. Internal Gerindra dan PDIP pun tak luput memperbincangkan perihal ini. Sebab, hubungan Prabowo dan Mega belakangan memanas pasca penetapan Jokowi jadi capres PDIP.

Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra Martin Hutabarat menuturkan, hormat militer Prabowo untuk Megawati itu adalah bentuk ketulusan. Prabowo ingin menunjukkan rasa hormatnya kepada Mega.

"Pak Prabowo sangat menghormati Ibu Mega sebagai mantan presiden dan anak proklamator. Jadi kalau Pak Prabowo menunjukkan sikap hormat ya beliau sangat menghormati Ibu Mega," kata Martin kepada detikcom, Senin (2/6/2014).

Menurut Martin, selama ini Prabowo tak pernah bicara negatif tentang sosok Mega. Malah selalu menegur kepada kader Gerindra yang bicara buruk kepada Mega. Martin heran Mega terkesan dingin kepada Prabowo belakangan ini.

"Jadi saya agak heran kok jadi begini hubungan ini," katanya.

Martin menduga ada pihak yang memprovokasi sehingga Mega bersikap seperti itu. Namun bagi Gerindra yang terpenting Prabowo sudah menunjukkan sikap negarawanan dan tak menganggap Mega musuh politik.

"Cuma Ibu Mega ini perempuan sangat mudah diprovokasi orang, itulah yang menjadi dilema dalam hubungan kedua orang ini. Saya tahu persis Ibu Mega, saya kan sahabat Pak Taufiq Kiemas, jadi saya tahu persis wanita ini sangat mudah diprovokasi orang," tegasnya.

Entri Populer